| 7 komentar ]

Propenil singkatan dari Program Pengolah Nilai menggunakan program Microsoft Office Excel. Kegunaan Propenil untuk memudahkan guru mengolah data nilai di sekolah. Meliputi nilai harian, Tes/Ulangan Tengah Semester, Tes Akhir Semester dan nilai raport; untuk merekap nilai semester gasal (1) dan genap (2). Propenil memudahkan guru dalam mengelola nilai di sekolah, karena cukup memasukkan data ke lembar nilai harian, maka semua perhitungan sudah dilakukan otomatis oleh program Excel.
Propenil SMP untuk sekolah SMP, MTs dan bisa juga untuk SD/ MI. Propenil SMA untuk SMA/MA/SMK.
Propenil secara garis besar berisi :

  1. Nilai rata-rata, tertinggi, terendah, jumlah siswa yang tuntas dan tidak tuntas dari ulangan harian, tugas, tes tengah semester, tes semester dan raport.
  2. Laporan hasil tes tiap-tiap semester.
  3. Daftar peringkat (rangking) secara paralel.
  4. Daftar siswa yang belum tuntas untuk mengikuti remidial.
  5. Lembar individu siswa untuk pengisian nilai raport.

Mengolah nilai dengan Propenil, guru tidak repot lagi, tinggal mengisi data, klik tombol print selesailah pekerjaan. Propenil bisa dijalankan dengan Microsoft Office Excel 2003 maupun 2007.

Menu Utama Propenil
A. NILAI HARIAN SEMESTER GASAL
Klik tulisan NILAI HARIAN SEMESTER GASAL untuk memasukkan data nilai semester 1. Di lembar ini Anda bekerja, maka lembar cetak TTS, TAS, Raport dan lain-lain sudah otomatis terhitung sendiri. Jika sudah selesai memasukkan nilai, maka silahkan klik tulisan di bawah NILAI HARIAN SEMESTER GASAL untuk mencetak (print) tiap kelas.
  1. TES TENGAH SEMESTER diklik akan membuka lembar Tes Tengah Semester. Disamping kanannya terdapat tulisan Remidial untuk melihat siswa yang belum tuntas; Laporan untuk mencetak laporan hasil tes; dan Rangking yang berisi data rangking secara parallel.
  2. TES AKHIR SEMESTER berisi data akhir semester
  3. dan seterusnya.
B. NILAI HARIAN SEMESTER GENAP
NILAI HARIAN SEMESTER GENAP dan beberapa tulisan di bawahnya pengoperasian dan fungsinya sama semester 1.

C. KENAIKAN KELAS
Tulisan ini jika diklik akan membuka data nilai rata-rata semester 1 & 2.

D. DATA MASUK : ketika di klik maka akan mengaktifkan sheet DATA, silahkan isi data sesuai dengan kondisi di sekolah anda, dari mulai Kop identitas Sekolah, Nilai KKM, data guru tersedia untuk 4 guru yang berbeda mapelnya, data kepala sekolah, dan tanggal penetapan dari masing-masing jenis nilai.

E. Pada Menu Utama juga terdapat beberapa tombol, yaitu : PETUNJUK berisi sedikit keterangan program PROPENIL, PROFIL, KRITIK & SARAN, HAPUS DATA : untuk menghapus data nama siswa dan nilai semester 1 & 2; dan PASANG LOGO untuk input LOGO sekolah anda.
PERHATIAN : Macro Excel anda harus aktif.
Jika terdapat data yang tidak sesuai dengan hasil perhitungan dll., silahkan kasih komentar ya….
Demikian tutorial singkat tentang Propenil, untuk kedepannya mungkin akan ada perbedaan, akan tetapi secara garis besarnya sama fungsinya.
Terima kasih, mohon maaf dan semoga bermanfaat. Silahkan download.
Download Propenil

7 komentar

AlmightyJazz mengatakan... @ 5 Juni 2011 pukul 22.50

password untuk unprotect sheet-nya apa ya? terima kasih

Anonim mengatakan... @ 17 Juli 2011 pukul 21.16

Terima kasih atas bantuan programnya.
Namun ada hal yang perlu ditanyakan, yakni mengenai KKM yang nilainya selain 75 dan 80... bagaimana merubahnya....?
Terima kasih.

Yusuf Fahrurrozi mengatakan... @ 23 Juli 2011 pukul 10.46

@Anonim: untuk mengubah KKM Anda bisa masuk ke sheet DATA dari MENU UTAMA. Terima kasih...

Anonim mengatakan... @ 30 Desember 2011 pukul 16.13

Terimaksih atas bantuan programnya Pak Yusuf, tapi saya masih terkendala dalam jumlah nilai dan peringkat di dalam raport serta menggroupkan setiap pelajaran dalam group normative, adaptive dan productive...

Salam,
Indra Gunawan Supardi

Anonim mengatakan... @ 30 Oktober 2012 pukul 21.14

Mas koq propenil yang saya donlod gak bisa ya? ada pesan error "Class not registered. Looking for object with CLSID:{AC9F90-E877-11CE-9F68- 00AA00574A4F}" padahal macro securitynya sudah saya rubah, tapi tetep tidak mau.
Terima kasih sebelumnya

Fakhrur mengatakan... @ 10 Desember 2012 pukul 20.55

Assalam...

Jazakallah, terima kasih banyak, tapi kalo boleh saran penilaian psikomotorik dan afektifnya kok gak ada khususnya untuk SMA dan MA

Yusuf Fahrurrozi mengatakan... @ 27 Desember 2012 pukul 03.00

Bapak Fahrur... psikotor dan afektif memang tidak daya masukkan, karena praktik di lapangan banyak yang tidak menggunakan (formalitas). Sedangkan jika ada nilai afektif atau psikomotor, saya memasukkan pada nilai tugas.
Jika ke depan banyak guru yang betul2 mengisi nilai psikomotor dan afektif, maka data Propenil akan ada update tentunya. Terima kasih atas masukannya.

Posting Komentar