| 0 komentar ]

Program Excel Propenil menyediakan leger untuk wali kelas. Harapannya lembar ini sedikit membantu guru dalam proses belajar mengajar untuk membuat laporan penilain selama setahun. Berikut ini akan dijelaskan tentang lembar leger wali kelas. Pada lembar leger wali kelas terdapat beberapa tombol, antara lain :

  1. Nilai Harian : Tombol untuk kembali ke Nilai Harian
  2. Menu Leger : Tombol untuk menampilkan MENU LEGER. Dari Menu Leger ini guru memilih jenis tes yang akan ditampilkan.
  3. Urut Absen : Tombol untuk mengurutkan data siswa berdasarkan urutan absen
  4. Urut Rangking : Tombol untuk mengurutkan data siswa berdasarkan rangking yang dicapai siswa
  5. Print (Cetak) : Tombol untuk mencetak lembar leger. Pada leger ini terdapat dua lembar kerja yaitu Rekapitulasi Nilai dan Laporan Hasil Belajar
  6. Print Individu : Tombol untuk menyiapkan lembar yang siap untuk dicetak dari setiap siswa.
  7. Ekstra & Kejuaraan : Tombol untuk memasukkan data kegiatan ekstrakurikuler (pengembangan diri), absensi dan hasil kejuaran kelas. Jika tidak ada kegiatannya, maka kolom ekstrakurikuler silahkan dikosongkan saja.
  8. Nilai Anda : Tombol untuk memasukkan data nilai mata pelajaran yang anda ampu, program Excel akan memasukkan nilai anda sesuai mapelnya, sehingga tidak perlu repot memindah/ meng-copy nilai anda.
  9. Hapus Nilai : Tombol untuk menghapus data nilai pada lembar leger. PERHATIAN : data yang sudah dihapus tidak bias dikembalikan.
  10. Nilai KKM : Pada leger walikelas nilai KKM diisi secara manual. Jika ada mapel yang menjadi sub judul, maka kosongkan kolom nilai KKM. Umpama :
  • Mapel Muatan Lokal terdiri pelajaran Bahasa Jawa dan Bahasa Jepang. Maka kolom KKM Muatan Lokal dikosongkan (tidak ada nilai KKM), yang diisi pada kolom Bahasa Jawa dan Jepang. Hal ini penting untuk dilakukan, karena terkait dengan tampilan lembar Print Individu.
  • Untuk MTs, mapel Pendidikan Agama Islam mempunyai sub bagian mapel Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih dll. Maka kolom KKM Pendidikan Agama jangan diisi nilai KKM, yang diisi adalah sub mapelnya (Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih dll).
Maaf, terima kasih dan semoga bermanfa’at.

0 komentar

Posting Komentar