| 0 komentar ]

Mendaftarkan website usai membuatnya merupakan langkah terbaik, tujuannya agar cepat terindak search engine (mesin pencari). Karena search engine dalam mengindek situs yang baru tidak tentu waktunya. Kalau ingin websitenya cepat terindek, silahkan baca artikel cara mendaftar (registrasi) ke search engine.

Sebuah website, pengelolaan yang penting diantaranya yaitu cepat terindek search engine (mesin pencari) milik Google, Yahoo, Bing (MSN) dll. Website yang baru dibuat tidak secara otomatis terindeks search engine, ada yang beberapa hari membuat langsung sudah terindek, tapi bisa jadi sampai beberapa bulan. Maka agar lebih cepat terindeks, pengelola web sebaiknya mendaftarkannya secara manual ke beberapa mesin pencari yang terkenal.
Search engine di internet cukup banyak, maka pada tutorial kali ini hanya 3 yang di bahas, yaitu Google, Yahoo dan Bing.

Registrasi ke Google


Untuk mendaftarkan blog ke Google kunjungi http://www.google.com/addurl/, isilah data blog anda. Comment diisi dengan keyword blog anda, ketik kode verifikasi kata, terakhir klik Add URL.
Setelah pendaftaran ini, blog tidak langsung terindek, tunggulah beberapa pekan, 2 sampai 3 pekan. Untuk memeriksa ketik domain blog anda di kotak pencarian, apakah sudah ada? Kalau belum tunggu beberapa hari lagi, kemudian coba ketik lagi. Jika masih belum terindek, silahkan daftarkan lagi.

Registrasi Yahoo

Untuk mendaftarkan blog ke Yahoo, anda harus mempunyai account Yahoo. Jika sudah punya, silahkan login, kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit, kalau belum punya harus membuat account Yahoo dulu, klik untuk account baru. Isi form yang tersedia, klik Add URL. Setelah selesai, anda bisa juga mendaftarkan alamat feed sekaligus, dengan menambahkan kata atom.xml dibelakang domain blog.
Misalnya : http://propenil.blogspot.com/
Menjadi : http://propenil.blogspot.com/atom.xml

Registrasi Bing (MSN)

Silahkan berkunjung ke http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx, tambahkan URL blog anda.
Dengan mendaftarkan website, semoga cepat terindek mesin pencari, sehingga banyak yang berkunjung dan membaca artikel atau tutorial-tutorial. Selain 3 mesin pencari di atas, anda juga bisa mendaftarkan ke search engine yang lain. Untuk alamat cari di internet ya..., selamat browsing!

Software registrasi

Ada beberapa program (software) yang mendaftarkan situs ke semua mesin pencari, diantaranya jika anda berminat, klik di sini.

Menggunakan Ping

Jika ingin lebih cepat lagi, selain mendaftarkan situs ke search engine, juga bisa dengan menggunakan ping, klik di sini untuk tutorialnya. Untuk menggunakan ping silahkan menggunakan Ping-O-Matic.
Artikel daftar blog ke mesin pencari ini saya peroleh dari tutorialnya Kang Rohman.

0 komentar

Posting Komentar